Penyebab dan Cara Mengobati Luka Busuk Diabetes

Luka di kaki karena diabetes agaknya menjadi hal yang menakutkan. Selain karena susah sembuh, banyak yang akhirnya harus diamputasi.


Bagaimana awal dari luka tersebut...?

Luka kaki diawali dengan kesemutan, mati rasa, dan barulah luka. Kadar gula yang tinggi membuat bakteri leluasa berkembang biak. Akibatnya luka tadi membusuk.

Hal ini diperparah oleh metabolisme tubuh yang terganggu. Kaki tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Jaringan syaraf rusak. Dan tidak terjadi pelumasan pada kaki karena rusaknya jaringan.


Antibakteri Tidak Menyembuhkan Luka Diabetes

Mengobati luka busuk diabetes
Luka Diabetes Membusuk
Meskipun luka borok tersebut disebabkan oleh bakteri, pemberian anti bakteri terkadang tidak dapat menyembuhkan luka karena:
  • Bakteri menyebar ke sistem peredaran darah
  • Bakteri atau kuman merusak berbagai jaringan dalam tubuh
  • Sumber bakteri tidak dibuang

Maka...

Apabila pasien berada dalam keadaan tersebut, amputasi merupakan cara agar kuman tidak menyebar lebih luas lagi. 


3 Penyebab Luka Diabetes

Tidak semua penderita diabetes melitus terserang luka bernanah ini. Luka tersebut biasanya terjadi apabila penderita diabetes melitus mengalami:
  • Neuropathy
  • Vasculopathy
  • Immunopathy

1. Neurophaty

Neuropathy adalah keadaan dimana jaringan saraf mengalami berbagai kerusakan. Biasanya ini adalah awal dari terjadinya luka di kaki.

Apa saja tandanya...?

Kurangnya kemampuan sistem sensori, otonomik, dan motorik.

Misalnya kaki tidak merasakan sakit walaupun tertusuk sesuatu atau menginjak sesuatu yang panas. Itu pula sebabnya penderita tidak merasakan sakit ketika lukanya dibasuh dengan cairan kimia.


2. Vasculopathy

Ini merupakan keadaan dimana sistem peredaran darah tidak berjalan lancar. Akibatnya distribusi oksigen ke anggota tubuh, khususnya kaki, terhambat. Begitu pula dengan penyebaran nutrisi dan mineral.


3. Immunopathy

Inilah penyebab lainnya mengapa pengidap penyakit kencing manis mengalami luka yang sulit sembuh, yakni immunopathy.

Dalam dunia medis immunopathy berarti menurunnya kekebalan tubuh. Tidak mengherankan jika penderita diabetes melitus mudah sekali terserang berbagai penyakit lainnya.

Luka diabetes yang tidak kunjung sembuh mengakibatkan kebusukan dan bau menyengat.

Bagaimana Menyembuhkan Luka Busuk Diabetes?

Hingga saat ini agak sulit menyembuhkan luka busuk diabetes. Masalahnya bukan pada jenis obatnya melainkan karena jaringan-jaringan syaraf yang rusak. Selain itu terganggunya aliran darah mengakibatkan kurangnya oksigen ke tempat luka.

Namun demikian masih ada jalan untuk menyembuhkan luka busuk diabetes. 


Studi Kasus Sembuhnya Luka Diabetes

Fakta: 30% penderita luka diabetes diamputasi.

Maka dari itu mendapatkan luka khususnya di kaki merupakan sesuatu yang sangat mengganggu pikiran penderita diabetes.

Sebenarnya dengan penanganan yang benar, luka basah diabetes masih bisa disembuhkan. Dengan apa? Jawabannya dengan metode hijamah atau bekam.


Kering Dalam 2 Minggu

Penderita mempunyai luka membusuk di bagian kaki. Besarnya sekitar 10 cm. Penanganan yang dilakukan adalah dengan pembekaman. Pembekaman ini dilakukan 2 kali dalam sehari. Dilakukan rutin selama 2 minggu. 

Sebelum pembekaman, perlu diperhatikan kondisi tubuh secara umum. Apakah kondisinya memungkinkan atau tidak? Bagaimana dengan tekanan darahnya? Dan berbagai pemeriksaan tambahan lainnya.

Setelah dua minggu, luka diabetes akhirnya dapat mengering. Kemudian pembekaman di sekitar area tersebut dikurangi menjadi 1 kali dalam dua hari.


Fakta Kadar Gula Darah Setelah Pembekaman

Metode bekam untuk diabetes sebenarnya sangat efektif dibandingkan dengan metoda penyembuhan lainnya. Pengukuran kadar gula darah sebelum dan sesudah pembekaman adalah indikator yang paling mudah untuk mengetahui kadar gula.

Gula darah kembali menjadi normal hanya setelah 1 kali pembekaman. Atau paling banyak 2 kali. Pasien-pasien penderita gula darah yang pandai menjaga pola makan sehat akan menjalani hidup secara normal setelah pengobatan.


Melancarkan Peredaran Darah

Bagaimana metode ini bisa menyembuhkan luka busuk diabetes? Meskipun tanpa diberi obat-obatan herbal maupun farmasi, hanya dengan metode ini luka bisa sembuh.

Jawabannya...

Pertama, menurunnya bahkan normalnya kadar gula darah. Sebagaimana pengukuran yang pernah saya lakukan kepada para penderita diabetes.

Kedua, pembekaman melancarkan peredaran darah.

Tidak terdistribusikannya sel-sel anti bakteri dan oksigen merupakan penyebab luka di kaki dan menjadikan luka tersebut membusuk.

Maka pembekaman sebenarnya hanya melancarkan peredaran darah tersebut. Dengan begitu jaringan kulit yang mati mendapatkan kembali oksigen dan zat imun lainnya.

Sebelum Menggunakan Metode Hijamah... Perhatikan Ini...

Meskipun bekam terbukti sangat efektif dalam menormalkan gula darah dan menyembuhkan luka busuk, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Pertama pastikan bahwa terapis bekam benar-benar profesional. Ia harus memahami kondisi tubuh dan kesehatan pasien secara umum.

Terapis bekam yang belum ahli tidak boleh melakukannya untuk kasus diabetes melitus. 

Kedua, pembekaman ini dilakukan secara rutin setiap hari. Terutama untuk luka busuk dengan diameter besar. Pembekaman yang tidak rutin tidak memberikan efek kesembuhan. Oleh karena itu lakukan dengan rutin minimal selama 2 minggu.

Terakhir...

Dengan metode hijamah/bekam
  • kadar gula darah normal setelah 1 atau 2 kali terapi
  • luka membusuk di kaki kering dalam 2 minggu 
  • kadar gula darah dan luka bisa sembuh, namun...

Anda harus menjaga pola makan dan gaya hidup. Itulah cara terbaik agar kadar gula tetap normal... Tapi kalau Anda benar-benar ingin terhindar darinya, silakan cari tau lebih banyak di sini...

Sponsor
Previous
Next Post »