Investasi Properti: Cara Investasi Tanah

Tips dalam berinvestasi tanah
Cara Investasi Tanah
Microgist. Investasi properti hampir selalu menguntungkan. Dan bukan sekedar untung, tetapi untung besar. Pantas banyak orang yang kepincut untuk mulai menekuni investasi di bidang properti.

Investasi di bidang properti bisa beraneka ragam. Mulai dari tanah, rumah, kos-kosan, ataupun ruko. Lalu mana investasi properti terbaik dari semua itu? Semuanya tergantung pada kondisi. Keadaan satu tempat dengan lainnya bisa berbeda.


Karena begitu banyak peluang investasi property, kali ini kami hanya  menyajikan bagaimana cara investasi tanah

Investasi tanah merupakan salah satu yang terbaik di bidang ini. Kita tidak pernah bisa membeli tanah di toko, karena itu harga tanah akan terus meroket. Hukum besi dalam bisnis: supply and demand adalah faktor utama dalam investasi tanah. 



Investasi Properti: Tanah Lebih Menguntungkan

Jumlah penduduk terus menerus bertambah dari waktu ke waktu. Mereka butuh tempat tinggal, tempat usaha, dan ruang untuk diri mereka sendiri. Maka dari itu, seiring bertambahnya jumlah penduduk, semakin sempit tanah yang ada. 

Supply tanah tidak pernah bertambah sedangkan demand semakin meningkat. Maka dari waktu harga tanah terus melambung. Cobalah kita menengok 5 tahun yang lalu. Berapa harga tanah di daerah Anda? Kemudian bandingkan dengan harga tanah saat ini. 

Semakin meningkat bukan? Mungkin itu sebabnya banyak yang mengatakan investasi properti tanah membuat uang terus bertambah. Karena memang harganya tidak pernah berhenti pada level tertentu. 


Cara Investasi Tanah Agar Cepat Berlipat Ganda

Membeli tanah di manapun sebenarnya selalu menguntungkan. Tetapi pertanyaannya, apakah nilai investasinya akan berlipat ganda secara cepat? 

Menurut saya itulah pertanyaan penting ketika kita ingin investasi properti, khususnya investasi tanah. 

Meskipun saya belum terlalu lama di bidang properti, izinkan saya memberi saran agar Anda berada di jalur investasi properti terbaik.  


 1. Lihat Faktor Pengungkit Harga

Inilah yang sangat penting. Berapa banyak faktor yang mendongkrak harga tanah di suatu daerah. Semakin banyak faktor pengungkit, semakin besar peluang pelipatgandaan nilai investasi. 

Adapun untuk faktor ini saya masih menganggap suatu daerah pantas untuk investasi tanah dengan ciri sebagai berikut:
  1. Jalan tol. Tanah tersebut dekat dengan jalan tol atau pintu tol.
  2. Merupakan kawasan yang diproyeksikan sebagai lahan industri
  3. Merupakan kawasan yang diproyeksikan sebagai lahan komersil
  4. Adanya pertumbuhan pemukiman penduduk yang cukup signifikan
  5. Adanya kegiatan ekonomi yang sehat
  6. Adanya pabrik-pabrik industri
  7. Tumbuh ruko baru dan rumah kontrakan
  8. Kenaikan harga tanah yang drastis dari tahun ke tahun
  9. Sangat mudah menjual tanah di daerah tersebut
Itulah beberapa syarat yang saya gunakan untuk menilai apakah suatu daerah layak untuk investasi properti. Daerah-daerah tersebut merupakan daerah bertumbuh dengan potensi luar biasa. 

Jika Anda mendapatkan area semacam tersebut, biasanya hanya perlu 3 tahun saja untuk mendulang keuntungan besar dari sana. Keuntungan yang sangat besar tentunya. Inilah yang saya maksudkan dengan kecepatan dalam pelipatgandaan nilai investasi. 

2. Perhatikan Faktor Legalitas

Perhatikan faktor paling penting, yaitu faktor legalitas. Bagaimana dengan surat-surat tanah tersebut? Apakah girik? SHM? atau yang lainnya.

Meskipun begitu tidak perlu terlalu mencemaskan masalah tersebut. Jangan sungkan-sungkan bertanya kepada yang ahli di bidang tersebut, misalnya kepada notaris. 

Demikian cara investasi properti khususnya cara investasi tanah. 

  
Sponsor
Previous
Next Post »