Investasi Properti Bagi Pemula: Checklist Tips Terbaik Memulai Investasi

Investasi Properti Bagi Pemula

  • Dahulukan investasi leher ke atas (kepala)
  • Tampung informasi sebanyak-banyaknya
  • Pertimbangkan dengan matang
  • Perhatikan faktor legalitas
  • Siapkan dana di luar transaksi
  • Pilih investasi properti paling menguntungkan
  • Sabar

Investasi Otak

Pengetahuan adalah investasi terbaik. Oleh sebab itu perbanyak pengetahuan mengenai properti sebelum berinvestasi di bidang ini. 

Sebisa mungkin memahami berbagai hal yang berhubungan dengan properti sedetil mungkin. Mulai dari faktor pengungkit harga, cara negosiasi, cara mendapatkan properti murah, biaya di luar transaksi, kualitas bangunan, dan lain sebagainya. 

Pengetahuan yang cukup akan menjaga diri dari berbagai kesalahan-kesalahan fatal. Kita seringkali mendengar adanya investasi bodong, dan kita juga mendengar banyak yang tertipu karenanya. 

Ilusi antara kaya mendadak dan pengetahuan yang dangkal menjadi penyebab penyesalan. Maka dari itu investasi di bidang properti juga perlu  


Tampung Informasi dan Saring

Inilah tips investasi properti bagi pemula yang tidak boleh diabaikan. Yakni menampung berbagai informasi kemudian menyaringnya. 

Semakin banyak informasi semakin bagus sebagai pertimbangan. Impaknya juga bagus dalam pengambilan keputusan. 


Pertimbangkan Dengan Matang

Memang dalam investasi properti ada jargon, "Beli dan lihat!" Maksudnya jangan terlalu banyak berpikir. Beli saja dan lihat bagaimana properti yang Anda beli terus menerus bekerja mengumpulkan uang.

Kendatipun demikian, perlu berbagai pertimbangan. Income, angsuran pembayaran, dan strategi berinvestasi adalah contoh hal-hal yang harus dipertimbangkan dengan seksama.


Perhatikan Faktor Legalitas

Tips investasi bagi para pemula
Faktor legalitas merupakan hal yang paling ditakuti oleh para pemula. Hal itu memang wajar. Sebagai pembeli kita tidak bisa tawar menawar mengenai hal ini. 

Hanya saja jangan pula terlalu takut. Jika memang mencemaskan masalah ini, maka solusinya adalah memperbanyak berbagai informasi. Misalnya Anda membeli tanah status girik. 

Lakukan riset kecil apakah di daerah tersebut hal tersebut umum dan wajar? Lalu berapa lama proses menaikan status dari girik ke SHM? 


Siapkan Dana Di Luar Transaksi

Poin ini acapkali dilupakan oleh pemula. Dalam transaksi properti ada biaya-biaya yang timbul akibat transaksi tersebut. Yakni biaya untuk pajak dan notaris. 


Pilih Investasi Properti Paling Menguntungkan

Saya mendefinisikan investasi properti paling menguntungkan apabila:
Tiga checklist tadi merupakan tanda dari investasi properti paling menguntungkan. 


Sabar

Ya, setiap orang yang tertarik investasi harus sabar. Karena teman terbaik dari seorang investor adalah waktu. Semakin lama waktunya semakin baik. 

Lebih baik investasi 100 dalam jangka waktu 1000 daripada investasi 1000 tetapi hanya dalam jangka waktu 100. 

Nilai investasi selalu naik berlipat seiring perjalanan waktu. Maka dari itu, sabar adalah kunci sukses dalam berinvestasi.


Tips Investasi Properti Bagi Pemula:
Cari tahu harga properti dari notaris, riset kecil di masyarakat, iklan.
Gunakan beberapa teknik mendapatkan properti murah. Lihat di label properti.
Sponsor
Previous
Next Post »