Cara Mudah Mencegah Diabetes Melitus: Berdasarkan Riset

Sebelumnya kami pernah sajikan sebuah artikel "Cara Mencegah Diabetes Melitus Dengan Pola Makan Sehat."

Inilah alasan mengapa artikel mengenai diabetes melitus begitu penting?
  • Penderita diabetes melitus meningkat dari tahun ke tahun
  • Setidaknya ada 500.000 penderita baru setiap tahun
  • 70% penderita tidak menyadari bahwa mereka menderita
  • Penyebab utama diabetes melitus adalah gaya hidup

Dan perlu Anda tahu ...
  • Wanita penderita diabetes 40% lebih beresiko mengalami kematian.
  • Penderita beresiko mengalami kebutaan.
  • Penderita beresiko mengalam gagal ginjal.
  • Penderita bisa terkena penyakit jantung, dan 
  • Yang paling banyak...mengalami amputasi (pemotongan anggota tubuh karena membusuk).

Kabar baiknya...

Diabetes melitus dapat dicegah. Dan pencegahan lebih baik daripada pengobatan; lebih murah, lebih menyenangkan, dan lebih mudah.    




Tips lengkap bagaimana mencegah diabetes melitus


Data Empirik Mengubah Gaya Hidup

5 Faktor Penyebab Utama

Dari studi yang di lakukan lembaga kesehatan Amerika, 90% wanita yang terserang diabetes memiliki ciri berikut ini
  • Berat badan yang berlebih
  • Kurang olah raga
  • Pola makan kurang sehat 
  • Merokok

Hal tersebut terjadi juga pada pria. Mereka yang kelebihan berat badan dan kurang olah raga sangat beresiko mengidap penyakit diabetes melitus.

Inilah Cara Mudah Mencegah Diabetes Melitus

Gaya hidup adalah kesehatan. Gaya hidup sehat dapat mencegah diabetes melitus, penyakit jantung, bahkan kanker.

Inilah gaya hidup yang perlu Anda terapkan sebagai cara mencegah diabetes melitus atau kencing manis.

Cegah Diabetes Dengan Menjaga Berat Badan

Berat badan di atas normal merupakan faktor lain terjadinya diabetes melitus. Jika seseorang memiliki bobot di atas ideal, maka ia 7 kali lebih beresiko terkena diabetes. 

Dan jika Anda mengalami obesitas, maka resiko terkena diabetes mencapai 40 kali lebih dibandingkan dengan orang dengan berat tubuh ideal.

Maka dari itu jaga selalu berat tubuh pada berat ideal. 

Bergeraklah -- Matikan Gadget Anda!

Menonton TV, bekerja seharian di depan monitor komputer, dan istirahat sembari mengecek gadget merupakan gaya hidup yang hampir merata, terutama bagi masyarakat kota.

Jika Anda hidup dalam pola di atas, maka ubahlah segera sebelum diabetes melitus mengubah hidup Anda. 

Bagaimana caranya...?

Tidak perlu mengubah secara drastis. Cobalah...

Jalan Kaki

Jalan kaki 20 hingga 30 menit mengurangi 30% serangan penyakit diabetes. Mereka yang aktif berjalan kaki di pagi hari lebih sehat karena peredaran darah lebih lancar. 

Jantung semakin kuat dan distribusi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak semakin baik. 

Fakta:
Olah raga jalan kaki atau jogging meningkatkan kecerdasan spasial.
Jalan kaki dan jogging di udara terbuka meningkatkan daya kreativitas.

Anda dapat berjalan kaki di pagi hari. Mungkin berdua dengan pasangan Anda lebih baik, atau bersama anak-anak.

Jogging

Lakukan jogging seminggu sekali. Sediakan jogging di akhir pekan.

Jogging merupakan olah raga murah yang dapat mencegah penyakit "mahal." 20 menit jogging di akhir pekan berdampak besar dalam mencegah diabetes melitus.

Cegah Diabetes Dengan Pola Makan Sehat 

Faktor makanan? Ya, ini-lah faktor banyak menyebabkan seseorang terjangkiti diabetes. Faktor makanan juga yang dapat mencegah diabetes melitus.

Dalam artikel Cara Mencegah Diabetes Melitus Dengan Pola Makan Sehat telah dijelaskan bahwa untuk mencegah diabetes melitus dengan mengurangi:
  • Karbohidrat
  • Olahan dari padi-padian
  • Sayuran dengan zat tepung
Dan menambah asupan gizi ke dalam tubuh.

Sebagai tambahan, berikut jenis makanan yang baik untuk mencegah diabetes:

 

1. Kacang-kacangan

Berbagai studi menemukan betapa besarnya manfaat kacang-kacangan untuk mencegah diabetes...

Dalam riset yang dilakukan terhadap para wanita, mereka yang mengkonsumi kacang-kacangan mengurangi resiko diabetes hingga 20% lebih.

Mengapa...?

Kacang-kacangan mengandung berbagai vitamin, membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai kerusakan.

Kacang-kacangan mengandung serat yang dapat mencegah tubuh mengubah karbohidrat menjadi gula.

Riset: Memakan karbohidrat dari produk padi-padian lebih baik bukan dalam bentuk olahan. Misalnya lebih baik nasi daripada makanan berbahan tepung beras.

 

2. Kurangi Makanan Minuman Manis

Cara terhebat mencegah diabetes melitus di antaranya dengan menghilangkan kebiasaan minum minuman manis. Terlebih minuman dengan pemanis buatan, seperti aspartame.

Dan inilah kesulitannya... hampir seluruh produk minuman kemasan menggunakan aspartame. Cobalah lihat labelnya...

Meskipun masih berada di ambang batas toleransi tubuh, beberapa studi menunjukan adanya peningkatan berbagai resiko kesehatan karena kebiasaan minum dengan kandungan aspartame.

Fakta: Asupan 12 ons gula setiap hari meningkatkan resiko diabetes sebesar 25%.

 3. Biasakan Minum Air Putih atau Teh

Mengganti minuman manis dengan air putih dan teh juga merupakan cara mencegah diabetes melitus. Teh tanpa gula selain baik untuk mengurangi asupan gula juga mengandung felifenol yang merupakan anti-oksidan.

Minum teh 2 gelas sehari terbukti mencegah dari kegemukan.

Mengganti minuman manis dengan air segar mengurangi faktor resiko diabetes sebesar 83% (Nurses's Health Study, Amerika).

4. Bagaimana Mengganti Dengan Pemanis Non-Kalori?

Sejauh ini banyak sekali kampanye komersil mengenai pemanis non-kalori khususnya untuk para penderita diabetes.

Sebagaimana dilansir Harvard.edu, beberapa penelitian mengungkapkan orang-orang yang "rajin" minum minuman diet untuk kencing manis masih lebih beresiko mengidap kencing manis.

Untuk itu masih perlu penelitian lanjut untuk mengenai masalah ini. Meskipun demikian beberapa penelitian menunjukan minum dengan minuman rendah kalori menurunkan resiko diabetes.

5. Daging: Ikan dan Ayam

Pilihlah ikan atau ayam untuk makanan berdaging dibandingkan dengan daging sapi atau babi. Terlebih daging olahan. Sangat tidak dianjurkan untuk makan olahan daging.

Nurses's Health Studi mendapatkan kesimpulan daging olahan seperti sosis dan sejenisnya menaikan resiko 51%. Angka yang cukup fantastis...!


Dua Cara Mencegah Diabetes Melitus
Tetap Aktif dan Makanan Yang Baik!
Sponsor
Previous
Next Post »