4 Tradisi Hebat Mengatur Keuangan Pribadi


bagaimana cara efektif mengatur keuangan pribadi?

MICROGIST. Kita tidak lain adalah kebiasaan yang kita lakukan setiap hari. Memeluk impian untuk sukses mesti juga bersedia mendekap kebiasaan-kebiasaan baik sepenuh hati.

Jika ingin menjadi seorang prajurit, maka ikuti tradisi prajurit. Menjadi seorang pemimpin, ikuti tradisi pemimpin. Begitu pula manakala kita mengharuskan diri untuk sukses, maka ikuti tradisi orang-orang sukses.

Mengelola keuangan pribadi merupakan salah satu senjata tajam yang dapat menghantarkan kita ke puncak kesuksesan finansial. Hakikat dari pengelolaan tersebut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dibenamkan dalam kepribadian, sehingga melekat sebagai elemen dari kepribadian.

Lalu apa saja tradisi atau kebiasaan kudu kita benamkan ke sekujur kepribadian?


4 Langkah Penting Dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Di bawah ini beberapa langkah yang dapat dikategorikan faktor kunci dalam mengatur kondisi finansial. Memang banyak tips mengelola keuangan pribadi. Namun empat tradisi ini sudah cukup untuk melahirkan berbagai kebiasaan baik lainnya.

Tradisi Menabung

Inilah salah satu tradisi ampuh yang membuat Anda expert dalam mengelola keuangan pribadi. Menabung merupakan tindakan rasional untuk mempersiapkan masa-masa genting.

Bahkan di dunia satwa, tradisi menabung ini merupakan kemampuan naluriah. Banyak binatang yang mengumpulkan makanan untuk menghadapi musim paceklik ataupun musim dingin. Pada musim-musim itu memang mereka tidak mungkin mendapatkan bahan makanan.

Satu-satunya jalan untuk bertahan hidup itu hanyalah dengan mengumpulkan bahan makanan di musim semi. Tanpa persediaan makanan akan sulit bertahan hidup.


Hindari dan Jauhi Hutang

Ya, jauhi diri Anda dari cengkraman hutang. Hutang ibarat gula manis yang menggoda. Akan tetapi setelah itu Anda mendapatkan banyak masalah. Terlebih apabila terjadi masalah dengan kemampuan membayar.

Energi produktif dapat terkuras karena belaian lembut hutang yang mematikan. Efek buruk berhutang adalah manakala berhutang menjadi kebiasaan.

Memang ada orang yang termotivasi ketika memiliki hutang. Namun demikian hutang tersebut biasanya untuk hal-hal produktif. Selain itu sudah dipikirkan secara rasional sebelum memutuskan mengambil hutang.


Jadilah Pengendali Pengeluaran

Jadilah pengendali bagi diri Anda sendiri. Dalam konteks mengatur keuangan pribadi, Anda harus mampu mengendalikan pengeluaran. Lacak berbagai pengeluaran yang tak Anda sadari akan tetapi menguras pundi-pundi uang Anda.

Jika Anda tidak bersedia menjadi pengendali, akibatnya Anda dikendalikan oleh pengeluaran itu.


Belanja Kebutuhan

Rusaknya kesehatan finansial banyak disebabkan oleh cara belanja yang tidak cerdas. Termasuk di dalamnya menuruti keinginan-keinginan, bukan kebutuhan.

Itulah 4 tradisi yang dapat membantu Anda pandai dalam mengatur keuangan pribadi. Berikut ringkasan 4 langkah dalam mengatur keuangan.

  • Tradisi Menabung
  • Hindari dan Jauhi Hutang
  • Jadilah Pengendali Pengeluaran
  • Belanja Kebutuhan
Inti dari empat tradisi tersebut menegaskan bahwa kita adalah tuan dari uang kita. Maka kita pula yang sepantasnya menjadi tuan atas para pelayan (uang).

Sponsor
Previous
Next Post »