Tips Membeli Rumah BTN Agar Tidak Kecewa


bagaimana membeli rumah BTN


MICROGIST. Apakah Anda berencana membeli rumah BTN? Jika ya, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal agar tidak kecewa. Sebagaimana banyak diketahui, tidak sedikit konsumen yang merasa dirugikan tatkala mereka membeli rumah BTN.

Keluhan tersebut biasanya mengenai kualitas bangunan yang tidak memenuhi standar, berbeda dengan janji developer yang tertera di brosur, bahkan sampai pada masalah sertifikat.

Tips Membeli Rumah BTN 

Untuk menghindari kekecewaan, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Periksa Kualitas Bangunan

Memeriksa kualitas bangunan. Lihatlah kualitas bangunan yang masih mentah. Untuk yang menggunakan bata merah, penting memeriksa kualitas dinding. Cobalah dengan jari Anda. Apakah dinding tersebut seperti pasir yang langsung berjatuhan? Tidak sedikit perumahan yang demikian.

Periksa Fasilitas Lain

Membeli rumah memang tidak semudah membeli pisang goreng. Karena kita sendiri sebagai konsumen belum tentu paham dengan bangunan. Tidak jarang konsumen tidak memahami apa kriteria bangunan yang bagus.

Maka setelah memeriksa kualitas bangunan, hal lain yang perlu diperiksa adalah fasilitas. Terutama air. Dari mana sumber airnya? Apakah dari PDAM ataukah menggali sumur sendiri? Apakah daerah tersebut memungkinkan pembuatan sumur.

Anda tentunya tidak mau menempati rumah tanpa ada sumber air. Meskipun ini jarang terjadi, tetap saja harus diperhatikan karena memang terjadi kasus semacam ini.


Tingkatkan Kualitas Jika Memungkinkan

Tanyakan apakah Anda dapat menambah kualitas bangunan? Kini banyak developer yang memungkinkan konsumen mengubah denah, menambah ketinggian rumah, ataupun menambah ketinggian pondasi.

Meskipun harus mengeluarkan uang lebih, meningkatkan kualitas bangunan memberikan banyak manfaat. Misalnya jika tanah perumahan tersebut merupakan bekas sawah, maka resiko terjadinya banjir lebih besar. Meninggikan pondasi merupakan cara agar terhindar dari resiko banjir.


Prediksi Perkembangan Area Sekitar

Bagaimana perkembangan daerah tersebut dalam 5 tahun ke depan? Itu harus menjadi pertimbangan. Jika Anda jeli, hal itu bisa menjadi keuntungan di masa depan.

Jika memungkinkan, dapatkan rencana tata ruangnya. Adanya pembangunan pasar, rumah sakit, kawasan industri, dan lain sebagainya harus dimasukan sebagai pertimbangan.

Membeli rumah bisa juga diartikan berinvestasi. Oleh karenanya berbagai hal yang menjadi pendongkrak harga rumah di kemudian patut menjadi pertimbangan. 


Sponsor
Previous
Next Post »